HARI RAYA IDUL FITRI JATUH PADA TANGGAL

, , No Comments




Hari raya Idul Fitri atau biasa disebut lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam, Perayaan kemenangan atas Lebaran umat Islam yang merayakannya, saat-saat yang selalu ditunggu umat muslim di seluruh dunia mengingat dengan adanya Hari Raya Idul Fitri liburan hari raya telah tiba, setelah sebulan penuh berpuasa bulan Ramadan, yang mejadikan pertanyaan adalah saat Idul Fitri kapan dan tanggal berapa ?
 
Dari penanggalan hijriah jatuh pada tanggal 1 Syawal. Kalau dihitung berdasarkan kalender masehi, tanggal 1 Syawal ini selalu jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2000 lalu, umat Islam merayakan Idul Fitri sebanyak dua kali: di bulan Januari dan Desember. Hal ini akan terjadi lagi di sekitar tahun 2035 dan 2036. Untuk tahun ini, Idul Fitri jatuh pada hari Minggu tanggal 25 Juni 2017 dalam kalender Masehi dan tanggal 1 Syawal 1438 dalam kalender Hijriyah. 

Menurut Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Hari Raya Idul Fitri 1438 H jatuh pada 25 Juni 2017. Hal itu berdasar pada hasil hisab Majelis Tarjih dan Tajdid, ijtimak menjelang Ramadan 1438 H lalu. Sementara pemerintah baru secara resmi mengumumkan dan menetapkan 1 Syawal 1438 Hijriyah setelah sidang isbat.

Namun, dapat diprediksi bahwa lebaran Idul fitri akan bersamaan pada Minggu 25 Juni 2017. Hal itu berdasar analisis yang diuraikan Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin. Menurutnya berdasar kriteria hisab (perhitungan astronomis) yang digunakan pemerintah dan dua ormas besar (NU dan Muhammadiyah) adalah imkan rukyat (kemungkinan teramatinya hilal) 2 derajat dan wujudul hilal (tinggi hilal positif). Kata Dia, garis tanggal awal Syawal pada saat matahari terbenam 24 Juni 2017 menunjukkan bahwa Indonesia berada di sebelah Barat (kiri) garis tanggal Wujudul Hilal dan imkan rukyat 2 derajat. 

Sehingga disimpulkan, secara hisab awal Syawal (Idul Fitri) jatuh pada 25 Juni 2017 menurut dua kriteria tersebut. Meski demikian penetapan kapan jatuh 1 Syawal 1438H tetap menunggu hasil sidang isbat Kemenag RI.

0 komentar:

Posting Komentar